Program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD),didirikan pada
tahun 2007 Berdasarkan SK Dirjen Dikti Depdiknas No: 1928/D/T/2007 . Program
studi ini mempunyai visi menjadi program studi yang unggul dalam menghasilkan
calon guru SD yang beretika dan mempunyai nilai- nilai moral, menguasi sains
dan teknologi serta mengembangan inovasi pendidikan.
Program PGSD jenjang sarjana (SI) hadir sebagai upaya untuk merespon (1)
tuntutan masyarakat akan adanya peningkatan kualitas akademik tenaga pendidik
dan (2) amanat undang-undang No.14 th 2005 tentang guru dan Dosen.
Penyelenggaraan pembelajaran Program Studi PGSD di Universitas
Muhammadiyah Malang, didukung oleh para Dosen yang berpengalaman dan
berpendidikan S2 dan S3 baik dari dalam maupun luar negeri. Disamping itu,
dalam rangka mencetak lulusan yang professional telah disiapkan berbagai
fasilitas pendukung yang berupa Laboraorium Microteaching , Laboratorium
Komputer, Laboratorium Bahasa, Laboratorium Drama, Ruang Pembelajaran
Multimedia. Program studi juga memfasilitasi laboratorium outdoor untuk praktek
kerja mahasiswa dengan menjalin kerjasama dengan Pusat Studi Kependudukan dan
Lingkungan (PSLK) dan Bimbingan Konseling (BK). Kegiatan intra maupun
ekstrakurikuler mahasiswa ( antara lain Pramuka, KSR, Kesenian, Fotografi,
Pecinta Alam, Paduan Suara, IMM, HMJ) diwadahi dalam Unit Kegiatan
Mahasiswa (UKM) berpusat di Student Center (SC) universitas. Mahasiswa baru
dibekali dengan kegiatan Pelatihan Pengembangan Kepribadian dan Kepemimpinan
(P2KK), dilanjutkan program pelatihan Aplikasi Internet. Untuk menghasilkan
lulusan PGSD yang qualified dan mampu berkomunikasi secara internasional, maka
mahasiswa diwajibkan menempuh ESP (English for Specific Purpose)
selama 1 tahun. Dengan fasilitas – fasilitas yang diberikan secara
optimal diharapkan dapat mengantar lulusan PGSD menjadi tenaga pendidik yang
sesuai dengan visi dan misi PGSD yaitu, menghasilkan tenaga pendidik yang
kompeten pada : 1).Etika dan nilai-nilai moral 2). Sains dan teknologi, serta
3). Inovasi Pendidikan 4) Unggul dan kompetitif secara nasional maupun
internasional dalam bidang pendidikan SD, Professional dalam melakukan
pembelajaran di sekolah, mengabdikan profesinya berdasarkan etika dan
nilai-nilai moral 5).Mewujudkan diri sebagai program studi yang memiliki iklim
akademik kondusif dan dinamis yang mendorong pertumbuhan kehidupan ilmiah,
budaya, social, religius, dan memiliki sistem pengelolaan yang efektif dan
efisien dalam melaksanakan kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi.
Sumber: http://www.umm.ac.id/id/page/01030405/pendidikan-guru-sd-pgsd.html
0 komentar:
Posting Komentar